Kalau boleh jujur, saya bangga dengan diri saya sendiri(sipenulisasli) karena saya
berkecimpung dalam dunia blogger. Dan saya juga kagum dengan teman-teman
blogger lainnya, dan juga anda tentunya yang sekarang sedang membaca
tulisan ini, karena anda seorang blogge
r juga kan ?. Kenapa saya bangga dan kagum ?. Karena kami (saya dan
semua teman-teman blogger lainnya), baik yang menyukai dunia
tulis-menulis dan ingin sekedar berbagi informasi kepada pembaca
mengenai segala informasi. Sejatinya sudah memanfaatkan dengan baik apa
itu teknologi digital bagi diri kita masing-masing, dan memberikan
manfaat bagi orang lain selaku pembaca blog. Terlebih lagi, pembaca
tersebut mendapatkan inspirasi dan juga manfaat setelah membaca apa yang
kami tulis di blog kami.
Tahukkah anda bahwa kami juga turut mencerdaskan individu-individu
dengan segala informasi yang kami berikan kepada pembaca di blog kami.
Mencerdaskan dalam artian memberi tambahan ilmu pengetahuan dari mereka
yang tidak tahu sebelumnya, menjadi tahu dan mengerti setelah membaca
tulisan di blog kami yang memuat semua informasi dari satu blog ke blog
lainnya. Saya pun juga begitu, sama seperti pembaca lainnya. Yang
tadinya saya tidak mengerti atau kurang memahami dalam suatu hal berita,
pada akhirnya menjadi tahu dan mengerti dengan baik setelah membaca
karya tulisan para blogger lainnya di blog mereka.
Nah, dengan itu sesungguhnya tanpa kita sadari kita sudah menjadi
insan-insan yang bisa bermanfaat bagi kehidupan banyak orang melalui
tulisan-tulisan yang kita bagikan di blog kita masing-masing. Semoga
akan tetap seperti itu, berkarya dalam dunia tulis-menulis dan tak lelah
dalam membagi pengetahuan kepada pembaca. Ya, ini adalah sekelumit
penuturan bagaimana peran blogger dalam memanfaatkan teknologi digital
secara tepat guna agar bisa bermanfaat bagi banyak orang yang
membutuhkan berita informasi. Terlepas di sisi lain banyak juga website
dari perusahaan media lainnya yang menayangkan berita-berita terkini,
dan itu perlu diapresiasi yang tinggi karena juga turut mencerdaskan
individu-individu bangsa dalam memenuhi berita informasi.
Secara garis besarnya, teknologi digital utamanya yang dimanfaatkan
dalam memuat suatu informasi, berita, dan pengetahuan di sebuah website
dan blog sangat membantu individu-individu di negara ini menjadi lebih
terbuka pikirannya dan berwawasan luas. Karena hal itu adalah salah satu
faktor yang dapat membuat negara ini menjadi negara maju, dan melepas
status yang disandangnya sekarang yaitu negara berkembang. Karena dengan
sumber daya manusia yang mumpuni dan keilmuannya yang tinggi, serta
wawasannya yang luas, hal itu akan dapat mengangkat Indonesia kearah
yang lebih baik lagi kedepannya. Semakin banyak orang pintar di
Indonesia, semakin besar lah kesempatan negara ini untuk melangkah jauh
di percaturan dunia dalam segala bidang, sehingga mampu bersaing dengan
negara-negara maju lainnya. Seperti Amerika, China, Rusia, India, dan
Jepang
Kebanyakkan orang tentunya sudah paham dan mengerti dengan baik
apabila ditanya mengenai apa itu teknologi digital. Walaupun jawaban
satu dengan yang lainnya berbeda-beda dalam mendefinisikan teknologi
digital. Tetapi secara garis besarnya, teknologi digital adalah
perubahan yang dahulunya prosesnya masih dilakukan secara manual dan
melibatkan banyak orang. Namun dengan adanya teknologi digital, selain
meminimalkan jumlah orang dalam prosesnya, juga membantu proses kerja
menjadi lebih cepat, efektif dan efisien dalam hal waktu, tenaga, dan
juga biaya.
Dahulu saat masih kuliah Strata 1, saya juga melakukan pemanfaatan
teknologi digital dalam dunia pendidikan, utamanya bertujuan untuk
pendekatan proses belajar-mengajar antara guru dengan muridnya. Dalam
artian pendekatan disini adalah agar siswa/i sekolah dasar terutama yang
masih kelas 2-4 SD tidak mengalami kejenuhan saat aktivitas belajar di
kelas. Karena seperti yang kita ketahui bersama, dunia anak sejatinya
adalah dunia bermain, dan kehidupan anak tidak bisa dilepaskan dari
bermain bukan ?. Meskipun begitu, anak juga tetap harus belajar tentunya
untuk masa depannya yang cerah kelak nantina. Nah, karena alasan itulah
mengapa saya membuat sebuah mini game. Dimana tujuan mini game ini
dibuat agar anak bisa mencerna dan memahami dengan mudah materi
pembelajaran yang diberikan oleh gurunya. Kenapa anak akan mudah
memahami ?. Karena mini game itu di desain agar terlihat menarik oleh si
anak dari animasi-animasi bergerak di dalam mini game tersebut, dan
pemilihan warna yang cerah agar si anak tidak bosan melihat game
tersebut. Di dalam mini game tersebut juga dibuat screen capture mengenai
pakaian adat tradisional seluruh provinisi di Indonesia. Jadi anak akan
mengetahui pakaian adat provinsi Jakarta itu seperti ini, pakaian adat
Jawa Tengah seperti itu, pakaian adat Jawa Timur bercorak seperti itu,
dan lain sebagainya. Di dalam mini game tersebut juga memuat materi
pembelajaran mengenai tata letak isi bumi, terutama planet-planet yang
mengelilingi bumi. Lalu juga memuat materi pembelajaran mengenai
klasifikasi hewan dan tempat habitat hewan tersebut berkembang biak. Dan
kemudina mini game tersebut juga memuat tentang teori-teori yang
menyerupai e-book dari kesemua materi pembelajaran yang telah disebutkan
diatas. Dan kemudian juga memuat soal-soal pilihan berganda yang
berjumlah 10 soal, dimana 1 soal bernilai 1. Jadi ketika si anak
menjawab kesemua soal tersebut, maka si anak akan mendapatkan nilai 10.
Tidak hanya satu jenis soal. Materi soal pun disesuaikan dengan materi
pembelajaran yang ada di mini game tersebut. Karena materi pembelajaran
ada 3, yaitu mengenai alam semesta, cirri-ciri hewan, dan pengetahuan
sosial. Maka jenis soal pun ikut menggelembung jadi 3.
Dan yang tak kalah pentingnya adalah backsound atau latar
belakang lagu yang digunakan untuk mengiringi mini game tersebut sengaja
disisipkan lagu-lagu khas anak kecil. Contohnya seperti : bintang
kecil, naik delman, aku seorang kapiten, kebunku, tik-tik bunyi hujan,
pelangi-pelangi. Hal ini bertujuan agar anak mengenal dunianya yang
sebenarnya, bukan dunia orang dewasa yang dimana anak-anak zaman
sekarang lebih tahu dan hafal lagu-lagu dewasa. Serta juga disisipkan
permainan hang man di dalam mini game tersebut. Dimana
permainan ini mengasah otak anak untuk menebak huruf demi huruf dan
akhirnya menjadi sebuah kata. Misalkan contoh soal seperti ini : ada 10
kolom yang harus diisi oleh si anak untuk menjadi sebuah kata. Kata ini
berdasarkan materi pembelajaran yang ada di alam semesta, cirri-ciri
hewan, dan pengetahuan sosial. Untuk menebak huruf demi huruf, si anak
tinggal klik huruf yang diinginkannya yang tepat berada di bawah kolom
isian. Anak diberikan kesempatan hingga 5 kali melakukan kesalahan dalam
menebak kata, dan jika langkah ke-6 si anak salah dalam menebak kata
maka secara otomatis jawabannya pun langsung muncul yang disertai dengan
notifikasi pemberitahuan “Game Over” di layar. Lalu, untuk bisa
memainkan lagi game hang man, maka tinggal klik “Play Again” di layar.
Berikut di bawah ini adalah sedikit bagian screen capture mini game yang dibuat oleh saya saat menyelesaikan skripsi saat masih kuliah di Strata 1 dulu :
Seperti yang dapat dilihat pada Gambar 1
diatas, kriteria BUMI dan TATA SURYA dapat di-klik oleh siswa/i.
Kriteria BUMI ada 2 yaitu Struktur Bumi dan Fenomena Bumi. Sementara
kriteria TATA SURYA antara lain Matahari, Bulan, Merkurius, Venus, Bumi,
Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, Satelit, Asteroid, Komet,
dan Meteorid. Lalu setelah di-klik, maka link yang di klik akan
meangarah ke tampilan layar yang berisikan materi sesuai dengan klik
siswa tadi. Contoh : kita asumsikan siswa meng-klik link Struktur Bumi,
maka tampilan layar yang berisikan teori mengenai Struktur Bumi akan
terlihat seperti Gambar 2 dibawah ini :
Jadi bisa dilihat sekilas bahwa mini game
ini menyerupai text book, namun di digitalisasi menjadi game sederhana
untuk menarik minat belajar siswa/i sekolah dasar, juga bertujuan untuk
mempermudah pemahaman siswa/i dalam proses belajarnya. Sama halnya
dengan materi pembelajaran lainnya seperti Ciri-ciri hewan dan
Pengetahuan Sosial. Kedua materi pembelajaran itu juga berisikan text
book sama seperi materi pembelajaran Alam semesta. Berikut dibawah ini
tampilan layar materi pembelajaran Ciri-ciri hewan :
Pada Gambar 3 ada kategori
VERTEBRATA dan INVERTEBRATA yang masing-masing mempunyai sub kategori
berupa link yang akan menampilkan tampilan layar selanjutnya. Kategori
VERTEBRATA antara lain : Amfibi, Burung, Ikan, Reptilia, dan Mamalia.
Sementara INVERTEBRATA antara lain : Protozoa, Porifera, Coelenterata,
Vermes, Echinodermata, Moluskan, dan Anthropoda.
Sama dengan materi pembelajaran Alam
Semesta diatas. Berikut ini jika diasumsikan siswa meng-klik sub
kategori AMFIBI pada kategori VERTEBRATA yang dapat dilihat pada Gambar 4 berikut ini :
Gambar 4 diatas berisikan teori pembelajaran mengenai Klasifikasi Hewan Vertebrata
Untuk Gambar 5 terdapat
cukup banyak sub kategori yang bisa di klik oleh siswa. Kategori
CIRI-CIRI KHUSUS PADA HEWAN yaitu : Ekolokasi pada kelelawar, Kaki
berperekat pada cecak, kaki berselaput pada bebek, Punuk pada unta, Bulu
lebat pada penguin dan rubah artik. Lalu kategori GENERATIF yaitu :
Bertelur (Ovipar), Melahirkan (Vivipar), Bertelur dan Melahirkan
(Ovovivipar).
Lalu untuk Gambar 6
terdapat delapan kotak yang dapat di-klik oleh siswa/i. Dimana kedelapan
kotak tersebut adalah tempat habitat hewan. Sama dengan materi
pembelajaran Alam Semesta diatas. Jika di-klik salah satu kotak
tersebut, maka akan menampilkan layar selanjutnya. Kota-kotak tersebut
antara lain terdiri dari Tempat Habitat Hewan di Rawa, Gurun, Artik,
Antartika, Hutan Tropis, Hutan Sub Tropis, Tundra, Pegunungan.
Lalu untuk Gambar 7 adalah
materi pembelajaran pengetahuan sosial yang berisikan kotak-kotak kecil
berwarna merah dimana itu adalah letak provinsi suatu daerah di
Indonesia. Dan jika di-klik maka akan tampil layar selanjutnya. Jika
diasumsikan, siswa meng-klik kotak kecil merah yang letaknya di provinsi
Jawa Timur, maka akan tampil layar selanjutnya seperti yang dapat
dilihat pada Gambar 8 yang berisikan segala hal mengenai provinsi Jawa Timur. Untuk lebih detailnya, anda bisa lihat pada Gambar 8 dibawah ini :
Pada Gambar 8 berikut
diatas adalah identitas provinsi Jawa Timur yang meliputi kapan provinsi
itu berdiri, jumlah penduduknya berapa, ibukotanya apa, pakaian adatnya
apa, senjata tradisionalnya apa, dan lain sebagainya.
Lalu masuk ke Gambar 9 adalah
tampilan layar Soal pilihan berganda yang telah dijelaskan pada kalimat
diatas. Nah, kotak-kotak persegi panjang berwarna merah yang berisi
kategori Tata Surya, Hewan, dan Peta berisikan soal-soal yang diambil
berdasarkan materi pembelajaran yang meliputi Alam Semesta, Ciri-ciri
hewan, dan Pengetahuan Sosial. Sementara kotak merah yang satunya lagi
dengan kategori Kunci Jawaban, sesuai dengan namanya terdiri dari
jawaban-jawaban atas ketiga jenis soal tersebut.
Dan kemudian untuk Gambar 10 adalah game hang man yang juga sudah dijelaskan diatas.
Kesimpulan :
Pemanfaatan Pusat Teknologi
digital untuk Indonesia dan menjadikan negara Indonesia yang cerdas dan
pintar sumber daya manusianya sejatinya bisa dilakukan oleh siapa saja,
termasuk oleh blogger. Baik blogger yang tergabung dalam komunitas
ataupun tidak. Contohnya seperti komunitas NGAWUR yang berpusat di Jawa Timur ataupun Blogger Nusantara,
dan lain sebagainya. Apalagi pemanfaatan teknologi digital tersebut
bisa merubah keadaan atau kondisi yang tadinya sudah cukup baik menjadi
lebih baik lagi. Contohnya pemanfaatan teknologi digital untuk dunia
pendidikan, dimana saya membuat sebuah mini game yang bertujuan agar
anak tidak jenuh dalam belajar. Garis besarnya, belajar sambil bermain.
Saya pikir ini lah yang sangat diinginkan oleh anak-anak. Dimana mereka
bisa belajar penuh semangat sambil bermain mini game yang secara tidak
langsung juga turut mengembangkan pola pikir mereka.
Referensi :
http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=1350306808135435759#editor/target=post;postID=5431272654829320321
0 komentar:
Posting Komentar